Diposkan pada review, Sedikit Ilmu

Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Nawa Cita

Nawa Cita hadir sebagai bentuk program yang diusung oleh presiden Joko Widodo. Program ini digagas untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Nawa Cita memberikan sembilan program perubahan. Salah satu di antara program tersebut yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Hal ini sesuai dengan upaya peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu bentuk nyata dari upaya peningkatan tersebut adalah peran pemerintah dalam mencanangkan gerakan 100-0-100 yaitu 100 persen akses air minum aman, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Hal ini digagas berdasarkan program strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya yang menyelenggarakan fungsi perumusan kebijakan di bidang pengembangan kawasan permukiman, pembinaan penataan bangunan, pengembangan sistem penyediaan air minum, pengembangan sistem pengelolaan air limbah dan drainase lingkungan serta persampahan. Selain itu, Ditjen Cipta Karya juga berfungsi sebagai pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan kawasan permukiman, pembinaan penataan bangunan, pengembangan sistem penyediaan air minum, pengembangan sistem pengelolaan air limbah dan drainase lingkungan serta persampahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ditjen Cipta Karya memiliki target-target yang harus dipenuhi sampai dengan tahun 2019. Salah satu target Ditjen Cipta Karya yaitu mewujudkan permukiman layak huni pada 2019. Target tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 751 triliun namun terkendala biaya APBN yang hanya Rp 128 triliun. Upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat mampu memunculkan berbagai potensi khas masyarakat agar dapat dibantu oleh sistem, alat, atau teknologi baru dan peran pendamping atau fasilitator yang akan mempercepat proses pemberdayaan sehingga bernilai tambah tinggi, serta proses untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat agar mampu menempatkan diri secara proporsional dan menjadi pelaku utama dalam memanfaatkan lingkungan strategisnya untuk mencapai suatu pembangunan keberlanjutan (sustainable-development) untuk jangka panjang.

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/08/17/ouq15p425-membangun-infrastruktur-permukiman-di-pinggiran-indonesia

Diposkan pada Cerpen, curhat, Sedikit Ilmu

Tragedi Kata “Terserah”

Barusan saya nonton youtube Bayuskak tentang kata “Terserah” sumpah kocak banget ya. haha

Alasan saya nonton itu karena emang lagi belajar ya. Belajar mencari tau sebenarnya apa sih makna dari kata “terserah”. Soalnya saya pernah yang namanya ngalami tragedi kata “Terserah”. Jadi gini, kurang lebih sebulan lalu saya bersama seseorang sebut saja mas Indra. Saya sama mas Indra ini awalnya baik-baik aja tapi karena suatu hal jadi ngobrolnya kurang enak terus saya ngomong ke dia “Yaudah terserah kamu aja.” Itu saya ucapkan lewat whatsapp dan respon yang saya terima adalah…..jeng jeng doi marah! wkwkwk padahal maksud kata “terserah” saya itu maknanya baik yaitu menyerahkan segala sesuatunya pada yang bersangkutan. Cumaaa respon yang dia berikan itu jelek. Jadilah suasana mulai ga nyaman kan. Akhirnya kita berdua jadi responnya sama-sama jelek.

Berawal dari situ, saya nyari-nyari artikel mengenai kata “terserah”. Hoo jadi memang benar, kalau perempuan mengucapkan kata “terserah” itu artinya jelek di mata laki-laki. Padahal kenyataannya maksud saya baik! Makna yang sebenarnya sesuai kamus bahasa Indonesia yaitu menyerahkan sepenuhnya sama dia. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak enakin itu, saya mikirin kata-kata apa yang kira-kira maksudnya sama dengan kata “terserah” tapi maknanya lebih positif. Akhirnya saya mendapatkan! Aha! mungkin kata terserah bisa diganti dengan kata “baiknya kamu aja” itu kesannya lebih positif kan? atau ada lagi kata yang cocok untuk menggantikan kata “terserah”?

Butuh perjalanan panjang memang untuk menyatukan perbedaan dalam hubungan, tapi bukan berarti mustahil. Makanya banyak-banyak belajar aja dari kesalahan. haha

 

Diposkan pada curhat

Cowo Cuek Untuk Wanita Seperti Apa? (Part 2)

Nah, bahasan part pertama untuk cowok cuek udah dibahas ya. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan aku selama ini. hihi

Perlu kalian ketahui, cowok cuek gak selamanya punya kesan negatif. Dia punya sisi positifnya kok. Manusia kan gak ada yang sempurna ya. Dibalik karakternya yang suka bikin cewek pengen gigit meja, mereka juga menyimpan banyak kebaikan kok. Salah satunya, pandai menjaga privasi. Gak usah khawatir deh kalau cerita kalian ke mereka itu bakal nyebar karena sifat cueknya itu mereka ogah buat ngurusin kehidupan orang. haha

Udah balik lagi ke topik cowok cuek butuh wanita yang seperti apa sih buat menghadapi dia? Sebenarnya balik lagi ke selera si cowok ya. Kan beda-beda. Tapi boleh jujur, menurutku pria cuek butuh karakter wanita yang seperti ini.

Pertama, SABAR. Yup! perlu diketahui bahwa wanita PADA UMUMNYA MEMBUTUHKAN ya bukan menginginkan, tapi BUTUH yang namanya PERHATIAN. Ibarat kata manusia universal butuh makan kalau WANITA BUTUH PERHATIAN. CATET! haha. Dari cowok cuek, kebutuhan wanita itu bisa jadi akan tersendat dan hanya wanita yang penuh KESABARAN yang akan dan mau menerima. Sebab jika wanita tersebut tidak bisa menerima yang ada muncul banyak tuntutan dan keluhan. Para pria gamau kan banyak dituntut dan dikeluhin mulu? dan kalau kalian para wanita sudah terlanjur sayang sama pria model begini. Sudah sabar dan menerima aja ya. Kalian pasti bisa. 😀

Kedua, setia. Wanita pada umumnya setia yah. Tapi kalau ga kuat-kuat menerima kecuekan si cowo, wanita itu bisa cari perhatian di luar. ckckck Mengingat kebutuhan dasar wanita adalah perhatian dan mereka senang diperhatikan jadi cuma wanita yang benar-benar wa’fa (setia) yang mau menerima.

Ketiga, keibuan. Sifat dasar seorang ibu apa sih?? pengertian, perhatian, dan penyayang tanpa kenal lelah dan tanpa pamrih kan?? Nah, wanita seperti ini cocok banget sama pria cuek. Dia yang mau mengerti, tetap memperhatikan, serta menyayangi prianya meskipun suka gak dianggap sih atau kelupaan gak dianggap. haha

Keempat, pengalah. Jujur, kebanyakan orang cuek itu agak egois karena dia biasa larut dalam dunianya sendiri. Jadi, jangan ngeluh ya kalau orang cuek itu egois. Kalian para wanita yang musti siap mengalah demi mempertahankan hubungan. Lagian mengalah juga gak akan menuruni kadar harga diri sebagai seorang wanita kok. Justru itu menunjukkan kalau wanita itu dewasa.

Kurang lebih sifat utama seperti di atas yang perlu dimiliki seorang wanita yang pasangannya cuek ya. Masih banyak lagi sifat-sifat yang harus dimiliki tapi jangan menyerah ya. Dibalik sifat cueknya itu, sebenarnya mereka tetap perhatian kok, hanya saja perhatiannya gak dipublish. Kasih sayang mereka seperti seorang ayah pada anaknya. Ayah tidak pernah menunjukkan kalau mereka sayang seperti ibu, tapi mereka selalu perhatian sama anak-anaknya meski dari kejauhan. #apaansih

Diposkan pada Uncategorized

Laki-laki Cuek Untuk Wanita Seperti Apa? (Part 1)

Waaaah udah lama bangeeeet rasanya gak menulis lagi. Pengen dari dulu nulis lagi tapi bingung mau nulis apa walhasil baru sekarang kesampaian. Kali iniiiiii aku ingin curhat sendiri menyampaikan uneg-unegku yang sampai saat ini belum kesampaiaaaaan. Rasanya pengen teriaaaaak tapi itu ga mengurangi sih. Kalau aku pernah nonton “Im Possible” di Metro TV, emosi negative seperti marah, bosan, kecewa, sedih itu kudu harus disalurkan biar ga jadi beban, hati jadi sempit, dan pikiran jadi galau. Namun, emosi negative ini gak boleh langsung disalurkan ke target atau orang lain karena yang ada jadinya malah menyakiti. Emosi-emosi negative itu bisa kita salurkan lewat menulis, olahraga, melakukan hobi, atau yang paling ampuh saat ini adalah beristighfar. hihi

Nah, ngomong-ngomong soal laki-laki, sebenarnya aku gak terlalu banyak pengalaman ya…haha dulu pernah LDR sebentar jadi gak begitu kenal karakter aslinya ditambah akunya kurang suka jadi gak begitu peduli wkwkwk (jahat) udah sih itu aja. Mantan satu aja ga usah banyak-banyak. Oops! balik lagi….sekarang aku lagi dekat sama seorang laki-laki sebut saja mr.army, dia itu ternyata tipe lelaki yang cueeeeeeeeek buangaaaaat. Oke, sebelum aku memutuskan untuk serius dengan dia, dia emang udah pernah bilang kalau dia punya sifat buruk cuek dan suka sibuk sendiri. Awalnya aku fine-fine aja karena bagi aku hubungan itu yang paling penting saling MENERIMA apalagi udah niat serius tapi kok lama-lama gemes juga yaaa wkwkwk. Aku pikir hubungan ini akan berjalan sesuai rencana-rencana dan harapanku, gataunyaaaaa *menghela napas panjaaaang*

Ketahuilah bahwa cowo yang cuek itu rata-rata pendiam. Oke fix. Petunjuk pertama jangan paksa dia untuk bicara, yang ada kamu malah pengen gigit meja gara-gara gak berhasil…haha aku sendiri kata mama termasuk perempuan tipe pendiam dan kalem. Coba kalau udah ngumpul di keluarga besar atau ngumpul sama teman berlima orang aja…udah deh jadi yang diam aja. Lah ini ketemu sama orang yang lebih dieeeeem wkwkwk. Kalau aku pernah dengar penelitian bahwa laki-laki itu kebanyakan memproduksi kata sehari sekitar 7000an-15000an kata, nah kalau laki-lakinya pendiam berarti dia kurang lebih 5000an kata aja, berbeda sama perempuan yang bisa minimal 15000an-20000an kata sehari. See? wajar kalau wanita mulutnya dua ya? Penelitian loh….wkwkwk

Petunjuk kedua, ketahuilah bahwa cowo cuek dan pendiam itu penuh misteri. Kayanya mereka agak bangga juga kalau dianggap misterius. Huft. Well, kalau ada yang bilang bahwa hubungan yang baik itu kalau ada saling keterbukaan satu sama lain. Saling curhat satu sama lain; saling ngasih tau impian, keinginan, dan harapan satu sama lain….jangan berharap lebih kalau sama cowo cuek dia mau dengan bebas cerita ke kamu. Jangan berharaaaap lebih hahaha karena semakin kitanya minta penjelasan, yang ada dia mungkin makin dieeeeem. Mereka itu mungkin cuma punya kalimat utama kali ya dalam hidupnya. Misal kalau ditanya sesuatu yang membutuhkan penjelasan, mereka cuma jawab kalimat utama aja. “Kamu lagi sibuk apa? Itu kamu lagi ada proyek ya ama teman-teman?” jawabannya hanya “Iya hihi.” aja. Tanpa penjelasan proyeknya apa, temennya siapa, ngapain aja, berapa lama…. Nah, kalau kitanya nanya-nanya dibilang cereweeet auuuuw. Jadi apa yang harus kita lakukan?? menerima. Yup. Menerima sampai dia cerita sendiri yang entah kapan….

Petunjuk ketiga, suka mikir dan bertanya-tanya gak sih kalau cowo cuek itu sebenarnya serius atau gak sama kita?? Sering gak sih?? aku mah sering bangeeeet. Karena dari awal aku emang pengennya serius jadi akunya sering mempertanyakan keseriusan dia. Walhasil bukan penjelasan, rayuan, gombalan, manjaan, dan perhatian yang didapat malah jadi berantem. wkwkwk kita jadi hampir tiap minggu berantem karena salah paham. Mungkin karena komunikasi via wa dan telpon aja kali ya?? Kadang aku berpikir nih orang beneran gak sih kok diajak ketemuan aja susah banget ampe berbulan-bulan kuat gak ketemu?? jangan-jangan cuma main-main kali, cuma buat temen ngobrol dia kali. Mulai deh tuh banyak pikiran negative bersemayam dalam kepala yang akhirnya membuat kita jadi sering berantem.

Tapi karena komitmen awal aku sama dia adalah serius, jadi berantem-berantem salah paham mah jangan dibaperin. Kabar baiknya, ini salah satu cara aku mengenal pasangan, bagaimana sih dia kalau lagi marah? bagaimana sih dia menyelesaikan dan menghadapi masalah? bagaimana sih dia menghadapi pasangan kalau lagi konflik? dan aku menemukan jawaban….. kalau cowo cuek lagi berantem sama kita, kebanyakan dia diem, kesannya kaya menghindar gitu. Lari dari kenyataan. Jangan pernah mengharap penjelasan dan kalimat penenang dari dia. JANGAN PERNAH. Karena mereka gak pandai bikin kalimat kayanya….yang ada mereka menyerah dan bingung membahasnya gimana. Tapi lucunya aku sama dia kalau abis berantem bisa ketawa-ketawa lagi. Bagusnya dia sih kalau abis berantem gak pernah mau mengingat-ingat lagi (beneran gamau atau pura-pura ga mau)

Petunjuk keempat, cowo cuek itu gak pandai diajak diskusi. haha Dia bukannya ga bisa diajak diskusi, bukannya bodoh, pinter malah…tapi kebanyakan mereka punya pandangan dan pemikiran sendiri kayanya. Kebanyakan dipikirin sendiri. Mungkin karena sifatnya yang tertutup jadi kalau diajak diskusi agak susah-susah nyeees. Dikira kita perempuan mau enaknya doang, gampangnya doang apa ya semua tinggal jadi. Kita kan pengen diajak bareng-bareng juga… tapi sisi positifnya dia mungkin gamau nambah repot, gamau nambah beban, pengen ngasih yang terbaik yang udah jadi buat kita. Aku kadang mikir apa karena dia gak nyaman kali ya?? Jadi susah mengungkapkan perasaan? susah bertukar pikiran? But, setelah aku baca banyak sekali artikel, ternyata memang SEBAGIAN BESAR mahluk seperti mereka memang seperti itu. Jadi hasilnya? MENERIMA SAJA.

 

Kok kayanya jelek semua ya??? tenaaaaang, masih banyak bagusnya kok, nanti ya di chapter berikutnya. Jadi, lelaki cuek untuk wanita yang seperti apa??

Diposkan pada curhat, Puisi

Rumah

rumah

 

 

Rumah

Setiap jiwa yg semangat pasti perlu medan perang. Setiap jiwa yg lelah, pasti butuh sandaran hati. Setiap nafsu yg liar, pasti butuh jeruji untuk membatasi. Setiap raga yang haus pasti butuh siraman agar jauh dr kekeringan badani dan rohani. Mereka semua, butuh rumah untuk meminta perlindungan diri dan menanam kekuatan rohani. Ya, mereka semua butuh rumah

Rumah adalah tempat berpulang dan mencari inspirasi serta kebahagiaan. Rumah adalah tempat setiap kepala dan pendapat berkumpul dalam satu atap, meski tak terlalu besar namun penuh kerendahan hati. Sebab selalu ada tujuan dan visi misi di dalamnya

Rumah erat kaitannya dengan menikah. Menikah sudah seharusnya berusaha membangun rumah dalam hati dan hubungan dengan pasangannya. Maka setiap yg menikah harus berusaha membangun rasa memiliki dan membina rumah itu sendiri. Menjaga keharmonisan dan kemanisan yg suci. Oleh karena itu, setiap istri/suami perlulah membangun rumah pada setiap jiwa pasangannya masing-masing

Untuk kamu, kamu silahkan terbang bebas menuju kebanggaanmu, tapi selalu ingat, ada aku yg akan selalu menjadi tempat pulangmu. Rumahmu.

Diposkan pada curhat, Puisi

Salad Buah

Salad Buah

Buat kamu yang tidak suka makan buah secara langsung, kamu bisa bikin salad buah. Ini bisa jadi alternatif yang oke biar tetap ada serat dan sehat daripada tidak makan buah sama sekali kan

Bikin salad buah ini jadi terinspirasi bikin puisi #eaaa udah lama sih bikin puisinya beberapa bulan lalu. Judulnyaaaa

Aku Menikmati Mengenalnya

Mengenalnya itu seperti menikmati semangkuk salad buah dengan mata tertutup
Kau hanya tahu bahwa yang tersaji di hadapanmu itu salad buah.
Dan kau suka.
Lalu kau dengan senang hati bersedia menyantapnya “Hmmm” gumammu di suapan pertama – buah strawberry terasa di lidahmu
Ini perasaan yang indah, bukan? Lalu kau mengangguk untuk suapan kedua
Kau kaget – ada nanas yang menggeliat di sendokmu
Hei, dia tak bisa ditebak – tenang tapi memberi kehangatan.
Damai yang dibawa kebahagiaan dalam diam dan kejutan yang tak terbaca dari mula menyapa dan komitmen dengan jawaban ‘ya’
.

Suapan ketiga, keempat, kelima seterusnya
Ada buah-buah segar mengendap di dasar yang berdansa di mulutmu – cherry, nanas, apel, jambu – manis, dan asam sebagian tak mengapa
Asam, berarti kau harus menambah sabar – karena mengenalnya tak sebatas mendapati bagian manis hidup saja bukan? Atau sekedar menelan satu dan dua sendok puding buahmu saja bukan?
.

Kau harus belajar menghabiskan semua yang sudah tersaji di hadapanmu. Enak, manis, asam pahit itulah dia. Dan kamu tetap menikmatinya.

Celana Hitam Kerja