Posted in curhat

Keep Calm

Ayahku pernah bertanya, “Apa CI(N)TA mu?”. Oops! maksudku apa citamu? Responku hanya satu. Diam. Sementara di otakku mulai bermunculan hal-hal yang abstrak. Ditanya lagi, “Belum tau?”. Kembali bisu. Ayahku hanya memandang heran wajahku. Tiba-tiba meluncur rangkaian kata dari mulutku. “Menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik.” Mendengar kalimat itu ayahku langsung mengernyit, seakan tak percaya dengan kalimat yang baru saja meluncur dari mulutku. Aku diam, memerhatikan ekspresi beliau selanjutnya. Akhirnya ia tersenyum. Entah apa makna dari senyuman itu.

Suasana kembali hening.

“Oke, lupakan hal itu. Seperti yang kita tahu, banyak orang yang memiliki mimpi-mimpi yang luar biasa hebatnya. Namun, di satu saat terkadang mereka kehilangan semangat. Apa yang akan kamu lakukan jika dalam posisi seperti itu?”

Aku terdiam. Berpikir sejenak. Menatap wajah ayahku lekat-lekat. Aku merasa sedang diuji olehnya.

Calm down.….” aku tersenyum padanya penuh arti. Lalu kuteruskan lagi, “Ayah sering berkata padaku untuk mencatat hal-hal penting dalam hidupku, iya kan? ayah juga sering berkata padaku untuk selalu menuliskan hal-hal yang aku inginkan di atas secarik kertas, benar?”

“Lalu, apa yang akan kau lakukan?”

“Aku akan menulis sesuatu pada selembar kertas folio. Disana, aku akan membuat dua kolom. Kolom pertama, kutulis semua kelebihanku dan semua potensiku. Di kolom kedua, kutulis semua harapan, cita-cita, dan tujuanku selama ini. Di bawah kolom ini akan kutulis rencana yang kurancang untuk jangka panjangku. Mmm, mungkin rencana hidup lima puluh tahun ke depan.” Jawabku, datar. Walau dalam hati ada sedikit keraguan.

“Benarkah? Hanya itu?”

“Seandainya aku masih saja down. Akan kutulis lagi. Apakah yang membuatmu begitu putus asa? Apa dengan putus asa akan membuatmu berhasil di masa depan? Jawabannya tidak. Ayolah, bangkit! Bangkitlah jiwaku, bangkitlah hatiku, bangkitlah ragaku. Kamu itu loh bisa. Kenapa gak percaya pada diri sendiri? Gak ada orang sukses yang gak percaya pada diri sendiri.  Semangat!! Rajin berdoa, perbanyak senyum, berikan kebaikan dimanapun dan pada siapapun. Jangan lupa! Man Jadda Wajada! Siapa yang bersungguh-sungguh dia yang akan berhasil. Keep Calm. InsyaAllah tujuanmu akan berhasil. La tahzan, Innalaha ma ana!” kali ini kalimatku mantap.

Kulihat raut wajah ayahku berubah. Senyumnya tambah merekah.

Penulis:

Hanya seseorang dalam rangkaian kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s