Posted in curhat

Kupanggil Dia Fadil

Kupanggil dia Fadil. Sesosok perempuan bertubuh imut dengan balutan jilbabnya yang lebar. Fadil. Jika orang-orang mendengar namanya dan belum mengenalnya, pasti mengira dia adalah laki-laki. Padahal bukan, dia seorang perempuan yang cukup tangguh, menurutku. Fadil. Di antara teman-teman yang kukenal hingga saat ini, dia lah orang yang paling berkesan untukku. Kenapa? jika dalam serial anime atau drama, bagiku Fadil memiliki karakter yang kuat. Dia cerdas, tangguh, baik, dan begitu perhatian. Kenapa kubilang dia cerdas? karena dia memiliki pengetahuan yang cukup luas tentang banyak hal. Kutebak, mungkin karena hobi ngeblognya, sehingga dia sering jalan-jalan ke berbagai situs dan blog untuk menambah pengetahuannya. Hal yang paling menonjol darinya adalah keinginan atau passion dia akan sesuatu. Ketika aku masih gamang dan bingung dengan beberapa pilihan. Fadil sudah menetapkan satu pilihan dan dia konsisten mencintai pilihannya itu. Misalnya saat memilih peminatan, ketika aku dan beberapa temanku masih belum bisa menentukan mana yang terbaik untuk kita sendiri. Fadil justru telah menentukan pilihannya dari awal.

Kuanggap dia sosok perempuan yang tangguh. Sebab dia hobi sekali bersepeda. Di saat banyak anak-anak muda yang mulai meninggalkan sepeda dan beralih menggunakan motor, Fadil justru dengan bangga memperlihatkan kalau dia pandai bersepeda. Setiap kali memasuki kampus, dengan menyewa sepeda kampus, dia telusuri jalan-jalan yang berliku untuk sampai ke depan fakultas. Biasanya, kalau perempuan, termasuk saya, paling malas berolahraga karena takut capek, takut keringetan, dan takut kepanasan. Namun berbeda dengannya, sepertinya alasan itu semua tidak ada dalam kamus Fadil. Makanya aku bilang dia tangguh. Terlebih lagi, dia selalu mencatat rekor waktu bersepeda. Sekarang waktu tempuhnya satu menit sebelas detik, besok dia harus bisa menempuh dengan waktu maksimal satu menit, begitu katanya. Dan aku salut. Itu artinya dia punya pencapaian terhadap sesuatu.

Selain cerdas dan tangguh, hal yang berkesan untukku tentang Fadil adalah kebaikannya. Dia itu teman yang loyal, menurutku. Tipe orang dermawan. Suka memberi walau hanya dalam bentuk-bentuk kecil. Misalnya, di saat sedang rapat ini itu, dia tiba-tiba datang dengan membawa dua mangkok es krim rasa coklat dan strawberi. Kelihatannya biasa, tapi bagiku luar biasa. Menurutku jarang ada orang yang seperti itu. Tak hanya es krim, dia juga sering membawakan biskuit, permen, dan segala macam jenis makanan. Mungkin itu karena kesukaannya mengemil? Aku lebih suka mengatakan, kalau sikapnya itu karena kesukaannya memberi. “Memberi lah, maka kamu akan banyak dicintai.”. Hal itu lah yang aku tangkap darinya. Mungkin juga dia punya kepuasan tersendiri, ketika melihat teman-temannya tersenyum dan tertawa ketika dia membawa makanan. Fadil, orangnya sederhana, tetapi banyak memberi, itu lah sikap yang membuatku salut akan dirinya.

Dari ketiga hal yang sudah kuuraikan di atas, hal yang paling-paling berkesan tentang Fadil buatku adalah perhatiannya. Seorang perempuan wajar jika memiliki perhatian terhadap sesuatu. Pantas jika perempuan lebih perhatian dengan hal-hal kecil dibanding laki-laki, tetapi perhatiannya Fadil itu benar-benar super. Jika kuuraikan panjang lebar tentang berbagai macam perhatiannya. Mungkin kata-kata ini tak akan cukup menguraikan. Bukannya aku lebay, tapi memang sikap itu tak tergambarkan. Oke lah kuberi contoh, Fadil itu perempuan yang imut. Tubuhnya kecil. Namun keberaniannya besar. Sedangkan aku, tubuhku tinggi, lebih tinggi dari dia. Tentu badanku lebih besar, tetapi setiap kali menyebrang jalan raya, Fadil lah yang selalu menggenggam tanganku. Jika kendaraan melaju dari arah kiri, Fadil yang sebelumnya berada di posisi kananku segera pindah ke samping kiri, bisa dibayangkan bukan? kemudian dengan sigap ia rentangkan kelima jarinya sambil berkata “stop”. Hal ini tidak hanya dilakukannya sekali dua kali, tetapi setiap kali kami jalan bersama dia selalu melakukan hal yang demikian. Perhatiannya yang lain adalah soal pakaian. Jika ada teman-teman yang penampilannya berbeda dari biasanya, mungkin dia lah yang pertama kali menyadari. Fadil itu orang yang paling rajin mengomentari pakaian teman-teman. “Wah, pakaianmu hari ini seperti kue black forest. Cokla, hitam, dan ada merahnya sebagai pemanis si buah cheri.” begitu komentarnya dengan penuh energik sambil nyengir. “Kamu lagi bahagia ya? warna baju mu cerah sekali. Orange dan merah. Cerah sekali…” begitu katanya sambil sikut lengan. “Kayanya kamu beda deh hari ini, biasanya model jilbabmu gak seperti itu.” Bisa dilihat kan betapa perhatiannya dia? Kalau ada orang yang menganggap risih dengan perhatiannya itu, kupikir orang itu adalah orang yang tak tahu diri.

Nah… terakhir, Fadil itu orangnya unik dan berbakat. Kenapa kukatakan dia itu unik? Karena dia selalu berpakaian sesuai dengan jadwal. Dulu, waktu SD, SMP, SMA kita selalu berpakaian seragam sesuai hari. Nah, kalau Fadil punya jadwal sendiri. Setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat pakaiannya selalu berbeda-beda. Hari Senin waktunya pakai warna ini, hari Selasa pakainya warna itu, hari Rabu pakainya warna ono. Selalu teratur. Saya paling suka hari rabu, karena setiap hari Rabu dia selalu pakai warna biru. Warna kesukaan dia dan warna kesukaan saya. Kelihatan cocok buat dia. Berbeda dengan saya yang berpakaiannya sesuai mood. Selain itu, dia juga berbakat, terlebih dalam bidang desain. Gambarnya itu bagus, mungkin karena kegemarannya dengan anime. Aku salut dengan dia.

Dulu, aku berpikir, tidak apa jika memiliki teman sedikit, tetapi kita menaruh perhatian pada mereka daripada banyak teman tetapi hanya sekedar kenal tanpa memberi perhatian. Setelah kupikirkan lagi, ternyata salah, akan lebih baik banyak teman dan memperhatikan semua teman-teman, maka kita akan dicintai oleh banyak orang. Buatku, Fadil adalah sosok teman yang berkesan. Aku senang berada dekat dia. Sikapnya yang energik dan selalu gembira itu membawa energi positif buatku. Aku banyak belajar dari dia. Mungkin diam-diam aku ngefans sama dia.😀

Penulis:

Hanya seseorang dalam rangkaian kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s