Posted in anime, curhat, review

5 Centimeters Per Second

“At what speed must I live… to be able to see you again?”

Bicara tentang anime ini, rasanya akan banyak pendapat yang akan diberikan orang-orang mengenai anime ini. Ada yang bilang plot anime ini biasa saja, ada yang bilang artnya saja yang bagus, atau pun karakter anime yang kuat. Saya pribadi menyukai anime ini. 5 Centimeters per Second merupakan salah satu anime favorit saya. Mengapa favorit? Karena kisah hidup saya sebagian nyangkut dalam anime ini. hahahaha

Saya beri sedikit sinopsis. Anime ini bermula dari cerita seorang anak laki-laki dan anak perempuan bernama Tohno Takaki dan Akari Shinohara. Ceritanya terbagi dalam tiga babak. Pertama, ketika Tohno Takaki dan Akari Shinohara saat masih duduk di sekolah dasar, mereka sering bermain bersama hingga menimbulkan suatu keterikatan. Saat-saat keterikatan itu mulai terbangun, Akari terpaksa meninggalkan Tohno pergi ke luar kota. Mereka berjanji untuk saling kontak lewat sms, surat, maupun telpon. Babak kedua, diisi oleh cerita Tohno Takaki saat SMA yang satu sekolah dengan Kanae. Kanae ini menyukai Tohno Takaki. Ia sempat ingin mengungkapkan perasaannya tapi urung karena melihat Tohno yang sering memandangi layar HP nya. *tau kan maksudnya?* babak kedua ini lebih bercerita dari sudut si Kanae, bagaimana ia ingin sekali dekat dengan Tohno, bagaimana ia memendam perasaannya, dan bagaimana ia menyadari akan suatu hal. Nah, pada babak ketiga, diceritakan perjalanan Tohno yang kian beranjak dewasa, ia mulai sibuk dengan pekerjaannya. Namun, tak pernah melupakan kenangannya bersama Akari. Di setiap langkah Tohno selalu terbayang Akari. Itu sebabnya Tohno tak bisa move on walaupun tahu Akari telah bertunangan dengan yang lain.

Itu singkat ceritanya. Nah, alasan mengapa anime ini saya anggap spesial, favorit, dan istimewa adalah karena anime ini membuat saya bergerak. Maksudnya apa? ketika kita menonton sesuatu, mungkin setelah ditonton bisa berlalu begitu saja. Hanya sekedar hiburan. Namun, buat saya, anime ini akan jadi kenangan. Kenangan yang benar-benar gak akan saya lupakan! karena setelah saya menonton anime ini saya langsung praktekkan dengan menulis surat pada teman-teman yang awalnya saya kenal lewat dumay. Kemudian kami beralih yang pada awalnya hanya lewat email menjadi  sahabat pena, lewat surat.

I always end up looking somewhere for your smile
At the railway crossing of the fast pace town
Even though I know you won’t be here
If life can be repeated, I’ll go to you many times over
There’s nothing else that I want
Nothing else is more important than you

Quote di atas  adalah salah satu quote yang pernah dikatakan Tohno dan benar-benar menohok saya! Sebab saya benar-benar merasakannya. Saya merasakan apa yang Tohno rasakan ketika bayang-bayang Akari selalu bercokol dalam ingatannya sementara Akari berada di tempat yang jauh. Saya pun merasakan menjadi Kanae yang ternyata cintanya bertepuk sebelah kaki pada Tohno. Dua rasa yang demikian saya rasakan jadi satu pada satu orang yang sama. hahahaha

It must really be a lonelier journey than anyone could imagine. Cutting through absolute darkness, encountering nothing but the occasional hydrogen atom. Flying blindly into the abyss, believing therein lie the answers to the mysteries of the universe.

Untuk seseorang di batas sana, tahukah kau?

Penulis:

Hanya seseorang dalam rangkaian kata

16 thoughts on “5 Centimeters Per Second

  1. yang bikin bingung ni termasuk sad story yah…

    ada juga beberapa gallery film dari makoto shinkai yang aku dapet…
    dari keseluruhan kebanyakan hampir sad story…

    1. 5 Centimeters Per Second.
    alur ceritanya kadang bikin rumit, grafisnya memukau, pesannya tersirat dan tersurat…deep…lovely

    2. Voice From Distance Star.
    yang ini msih tahap awal, grafisnya seperti komik warna, tetapi pesan hatinya tersirat dan tersudat dalem banget tentang cinta jarak dan waktu…bikin kepikiran…

    3. Children Who Chase Lost Voices from Deep Below
    masih termasuk new entry…perjalanan jauh untuk mendengar “GOOD BAY”.

    dan ketiga ini mampunyai satu kesamaan…yaitu “CINTA YANG TIDAK TERCAPAI” so patetic… bikin kepikiran bagaimana kalo itu aku..

    4. The Place Promised In Our Early Days.
    ini agak rumit aku mlah belum nemu maksudnya…hehe…
    peace…

    fb: yoga duo surya…

  2. Lagi cari Versi NOVELnya nie…susah banget carinya…
    ada lagi nie yang baru…
    “kotonoha no niwa”
    The Garden Of Words
    nambah koleksi filmnya makoto shinkai
    filem kegalauan…

  3. Salah satu anime yang bikin galau, ya…
    Saya sih belum coba nonton, ini loading terus sih, hehe…
    Oh ya, sudah pernah nonton Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai belum?
    Biasanya disingkat AnoHana, karena judulnya amat panjang🙂

Tinggalkan Balasan

