Posted in anime, curhat, review

Chihayafuru

Halo!

Kali ini saya ingin sedikit mereview anime yang menurut saya lumayan bikin SEMANGAT! heheūüėÄ

Nah, anime kali ini yang saya review adalah Chihayafuru. Anime Chihayafuru ini based on manga dan manganya itu merupakan pemenang kedua dari Manga Taisho. Manganya sendiri ditulis oleh Yuki Suetsugu dan diterbitkan oleh Kodansha, sedangkan animenya disutradarai oleh Morio Asaka dan ditulis oleh Naoya Takayaka.

Chihayafuru ini sebenarnya salah satu dari anime shoujo dengan mengusung genre sport dan romance. Tau sendiri kan kalo shoujo gak jauh-jauh dari bumbu romance. Yap! dalam Chihayafuru ini romance yang dipake menurut saya hanya implisit. Hal yang menarik dan sangat kental dalam anime ini adalah sportnya!.

Sedikit sinopsis, jadi dalam Chihayafuru ini ada tiga tokoh utama, yaitu Chihaya, Taichi, dan Arata. Cerita dimulai sejak Chihaya, Taichi, dan Arata masih SD. Nah, Ayase Chihaya ini adalah anak cewek yang cantik. Kecantikannya hampir menyamai kakaknya yang seorang model, tapi si Chihaya ini justru gak tertarik sama sekali sama dunia modeling. Ketertarikannya justru terpaut sama permainan karuta. Karuta ini adalah salah satu permainan tradisional Jepang yang ada hubungannya juga sama seni, karena mengandalkan gerak tangan cepat dan daya ingat yang kuat pada puisi.

Gambar

Ketertarikan Chihaya pada Karuta ini dimulai ketika ia mengenal Arata. Arata ini jago banget sama permainan karuta karena kakeknya berturut-turut jadi king of karuta. Si Arata ini juga pengen banget mengikuti jejak kakeknya. Otomatis dia sangat berlatih keras untuk mewujudkan impiannya. Nah, pada awalnya si Arata ini anak yang pendiam di kelas, tapi semenjak dia menang lomba menghapal dan mengalahkan Taichi, dia jadi dikenal terutama sama Chihaya.

Sejak itu, Chihaya, Arata, dan Taichi berteman. Mereka sama-sama ingin menjadi master of karuta. Namun sayangnya, ditengah-tengah semangat Chihaya berlatih karuta, si Arata kudu pindah ke kampung halaman. Arata ini musti menjaga kakeknya. Sementara si Taichi memilih sekolah SMP yang jauh. Mereka gak bisa saling bertemu dan berlatih karuta lagi. Mereka berpisah. Jadilah si Chihaya itu sedih, tapi sisi positifnya, si Chihaya jadi bertekat untuk menjadi queen of karuta supaya bisa bertemu dengan teman-temannya lagi.

Nah, anime Chihayafuru ini terdiri dari 2 season. Sesi pertama itu terdiri dari 25 episode sedangkan sesi kedua juga 25 episode. Hal-hal yang berkesan sama saya tentang anime ini adalah semangat Chihaya demi menjadi queen of Karuta dan keinginannya yang besar untuk bertemu Arata. Chihaya benar-benar jadi karakter kuat dari segi moral sportivitas. Dia juga mengajarkan pada saya untuk benar-benar mencintai hal yang kita sukai meski seberapa besar halangan, seberapa hebat lawan, dan seberapa capek permainan itu. Kita harus tetap percaya dan semangat! karena kepercayaan, bermodal besar untuk hasil akhir yang kita dapat.

Untuk anime shoujo yang kebanyakan sisi romancenya eksplisit, nah, Chihaya ini sisi romancenya menurut saya sih implisit karena terbiaskan dengan unsur sportivitas. Namun, tidak juga menghilangkan sisi sweet dari anime shoujo itu sendiri. Ya, percintaan antara Taichi yang memendam perasaan pada Chihaya sementara Chihaya begitu memuja Arata.

Overall, anime ini bagus menurut saya, dari segi karakter tokoh-tokohnya kuat. Terutama Chihaya. Kemudian dari segi alurnya itu campuran tapi juga gak loncat-loncat. Antara kejadian satu dengan lainnya masih saling berkaitan. Latar tempat, suasana, dan waktunya juga sudah pas. Ditambah lagi, amanat yang terkandung dalam anime ini cocok buat kita yang haus akan semangat perjuangan.

Recommended buat pecinta anime.ūüėÄ

Gambar

Penulis:

Hanya seseorang dalam rangkaian kata

One thought on “Chihayafuru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s