Posted in review

Cara Berpromosi Produk di Instagram

Hallo….

Sudah lama sekali saya gak ngutak-ngatik blog ini. Hal ini karena saya sedang fokus mengembangkan usaha #tsaaah #gayanyaasik Oke, saya teruskan ya…. Jadi, saya sudah memulai usaha online sejak September 2013. Nah, saat itu saya bingung di media sosial mana yang harus saya tekuni untuk mendapatkan pelanggan? Waktu itu saya agak mentok jualan di Facebook, karena kurang mendapat pelanggan di sana, saya pun beralih ke Twitter. Hal yang sama terjadi di Twitter, jualan saya tetap sepi peminat. Saya mentok masalah promosi!! Karena gak tau bagaimana cara berpromosi di Facebook dan Twitter, saya iseng-iseng buka instagram. Alhamdulillah segala sesuatu yang ditekuni insyaAllah akan berbuah hasil. Pada awalnya, untuk menarik pelanggan saya nyepam di foto-foto orang…haha (jangan ditiru ya) Itu saya lakukan untuk mendapatkan follower setidaknya biar orang itu menengok akun jualan saya. Hari demi hari berganti, saya mulai menemukan cara untuk mengenalkan produk. Di instagram dulu hanya dikenal endorse sebagai media promosi.

Endorse merupakan media promosi di Instagram dengan cara memberikan produk kita kepada selebgram atau akun yang memiliki banyak follower. Produk yang telah kita berikan itu nantinya akan difoto oleh orang yang kita kasih (endorse) Biasanya foto hasil endorse lumayan bagus. Foto produk yang telah difoto tadi kemudian akan diupload di akun selebgram atau pemilik akun besar tersebut dengan mention akun kita. Nah, follower yang tertarik dengan produk kita akan melihat jualan kita lewat mention tadi. Itu cara promosi yang biasa dilakukan setahun yang lalu ya.

Pada perkembangannya para pemilik olshop yang followersnya sudah lumayan besar melakukan inovasi untuk berpromosi yang dikenal dengan nama SFS atau Shout Out for Shout Out. Apa sih SFS itu? SFS adalah saling mempromosikan onlineshop yang memiliki jualan berbeda. Misalnya, olshop A jualan sepatu dan olshop B jualan baju. Nah, olshop A mengupload salah satu barang dagangan olshop B di akun jualannya begitu pun sebaliknya dengan olshop B. Ini merupakan strategi simbiosis mutualisme. Istilahnya saling berbagi follower dan customer. Nah, cara promosi ini pada awalnya dianggap nyepam, tapi lama-kelamaan mulai banyak olshop yang mempraktekkannya karena sangat manjur! Terlebih lagi karena promosi ini tidak memerlukan biaya alias gratis!

Selain SFS, saat ini cara berpromosi di Instagram juga bisa dilakukan dengan paid promote dan paid endorse. Apa itu?

Paid Promote adalah berpromosi dengan salah satu akun besar yang ada di Instagram. Kita memberikan foto produk beserta caption kemudian akun tersebut akan mengupload di akun miliknya. Tentu saja berbayar! akun-akun besar itu biasanya memasang tarif dan durasi waktu untuk tiap promosi. Misallnya, salah satu akun @tutorialhijab di Instagram memasang tarif 150ribu untuk sekali upload selama 12 jam di akunnya. Setelah 12 jam, foto dan caption produk kita tentu saja dihapus. Saat ini sudah banyak akun instagram yang memiliki follower banyak-banyak! salah satu akun fenomenal adalah @Dagelan. Saat ini followernya sudah 1 juta lebih! mantap! mau Paid Promote di sana? boleh saja dan tentu ada term and condition ya!

Paid Endorse adalah promosi yang dilakukan selebgram dengan memberikan produk kita sekaligus membayarnya. Dulu, sebelum jamannya SFS, selebgram biasanya hanya menerima produk kita yang dia sukai kemudian memfotonya dengan bagus dan upload di akunnya! sekarang, seiring dengan perkembangan Instagram yang semakin dikenal membuat para selebgram juga memasang tarif untuk endorse doi. hahaha

Nah, demikian penjelasan saya mengenai cara-cara promosi di instagram. Sebenarnya masih banyak lagi cara berpromosi, tapi sejauh ini cara-cara seperti itulah yang lumayan ampuh menjaring pelanggan dan follower.

Jangan lupa ya mampir di olshop saya ^^

I_shoppedhere partner for your outfit http://instagram.com/i_shoppedhere

Penulis:

Hanya seseorang dalam rangkaian kata

6 thoughts on “Cara Berpromosi Produk di Instagram

  1. saya jg terkendala di promosinya.. awalnya saya jg tertarik sm instagram tapi gatau mesti gimana.. terutama dalam hal mendapatkan followers.. btw, nice info sist, keep share dan sukses untuk bisnisnya🙂

Tinggalkan Balasan

