Posted in curhat, Produk kami, Sedikit Ilmu

Fokus Pada Satu Usaha

keep-calm-and-focus-on-target-5

Jadi, akhir-akhir ini sering kepikiran untuk ngembangin usaha. Galau juga antara nambah produk, buka toko, nambah itu, jual produk lain, bikin ini itu, pengen invest ini, pengen invest itu. Pokonya banyak maunya. Apalagi kalo liat “rumput tetangga” kok lebih bagus ya? Kayanya kalo jual itu bakal laku juga deh. But, setelah merenung panjaaaaang akhirnya aku fokus hanya untukmu. Ciee

Fokus pada satu usaha, kenapa enggak???

Usaha yang fokus pada satu hal, dapat membuat kita 100% fokus untuk mengembangkan usaha itu. Kaya cinta aja, kalo cuma 1 kan gak akan terbagi dengan yang lain… huhuhaha Hasilnya, jika kita fokus, tentu akan lebih maksimal. Coba liat AQUA, gimana ya fokus AQUA agar dapat membangun perusahaan kelas dunia? Padahal cuma produksi air minum aja. Hmmmm hebat ya? padahal hanya fokus pada pengembangan 1 jenis merek aja.

Pertanyaannya, berapa jenis merk atau produk yang sudah dikembangkan saat ini? berapa jenis usaha yang kita jalankan???

Galau juga gak sih kalo denger pepatah “Jangan menaruh telur dalam 1 keranjang.” ? Nah, pepatah itu dimaksudkan biar kita hati-hati. Kenyataannya malah menjadikan kita khawatir. Jika kita hanya memiliki satu usaha aja, ada kemungkinan usaha itu rugi, kita gak memiliki cadangan penghasilan lagi. Akibatnya kita membuat usaha-usaha lain yang tidak sejenis dalam waktu bersamaan.

Ingat, otak itu mempengaruhi psikologi loh. Kekeliruan otak kita berpikir menghasilkan kekhawatiran dan keraguan. Kekhawatiran dan keraguan bahwa usaha kita akan rugi ini menghasilkan kekeliruan bertindak dengan membuat usaha-usaha baru yang tidak sejenis dalam waktu bersamaan.

Bayangkan dengan fokus yang terbagi-bagi? bayangkan kalo kamu membagi-bagi cinta? #salahfokus😄 Bagaimana mungkin kita dapat membesarkan usaha? pun bagaimana bisa kita untuk setia? #tsaaah. Yang ada malah jadi bingung. Apalagi kalo kita masih dihantui kekhawatiran dan ketakutan akan rugi?

Hanya kita sendiri yang bisa menjawabnya. Seluruh risiko ada ditangan kita. Tinggal bagaimana kita mengelolanya saja. Manajemennya yang tepat. Artinya jika kita memiliki satu jenis bisnis dan fokus pada pengembangan bisnis tersebut, dipastikan risiko rugi pun akan makin menipis.

Kekuatan

Kita tidak akan kerepotan mengurus bisnis yang kita pilih ini. Kepala kita ini hanya satu. Bisa dibayangkan jika sehari-harinya saja kita sudah harus memikirkan diri kita sendiri,keluarga, lingkungan, dan bisnis. Dengan memilih satu jenis bisnis dan fokus pada pengembangan bisnis itu, artinya kita akan dapat mengatasi potensi stress yang dapat berakibat buruk pada bisnis yang kita jalankan.

Kelemahan

Bisnis itu bukan sebuah kepastian. Bisnis bisa naik bisa pula turun. Bisa tinggi banget sampai ke langit ke tujuh lalu terhempas menghancurleburkan remuk redam jiwa kita. Kekhawatiran orang bahwa berbisnis dengan satu jenis bisnis bisa membawa petaka karena jika terjadi kerugian tidak ada cadangan pendapatan bisa menjadi kenyataan. Namun kelemahan ini bisa diantisipasi dengan keterampilan kita mengelola risiko. Termasuk dalam hal ini adalah mengelola keuangan. Apapun yang terjadi, selalu sediakan simpanan cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga. Pemahaman bahwa bisnis itu bukan sebuah kepastian akan menjadikan kita selalu sadar dan waspada setiap saat. Jangan lupa nabung! haha

Peluang

Bisnis yang fokus pada satu jenis memilki peluang kesuksesan lebih besar dibandingkan dengan bisnis yang manajemennya dicampuradukkan dengan beberapa jenis sekaligus. Coba lihat Ciputra yang dijuluki Raja Properti di Indonesia. Dalam waktu kurang dari setengah abad, kerajaan bisnis yang dibangunnya sudah mampu menjelajah sampai ke Negara-negara Asia lainnya. Apa rahasia kesuksesan Ciputra? Salah satu rahasia kesuksesannya adalah konsistensinya pada dunia bisnis property.

Ancaman

Ancaman terbesar bisnis ini adalah keserakahan sendiri selain kekhawatiran dan keraguan yang sudah diungkapkan tadi. Seringkali kita sudah merasa berhasil dengan satu jenis bisnis (saya pun pernah merasa seperti ini) sehingga kita berusaha untuk melebarkan sayap ke jenis bisnis baru. Nah, godaan-godaan seperti ini yang musti ditekan.

Kebutuhan Modal Finansial

Satu lagi yang paling dipikirkan adalah modal.  Kalo kita hanya mengembangkan satu jenis bisnis saja, modal finansial yang kita perlukan tidak sebanyak jika kita mengembangkan beberapa jenis bisnis sekaligus. Kalo kita mengembangkan beberapa jenis bisnis sekaligus ,seringkali kita menerapkan sistem subsidi silang. Secara logika tidak ada yang salah dengan sistem subsidi silang ini. Namun, kalo dilihat dari sisi manajemen, sistem ini merugikan bagi bisnis yang sudah menghasilkan. Bayangkan jika dana yang dipakai untuk subsidi silang ini dipergunakan untuk mengembangkan bisnis yang sudah menghasilkan itu. Hasilnya, jauh lebih baik dibandingkan kita gambling membesarkan bisnis yang masih baru.

Jangan lupa lihat katalog lengkap online saya ya! http://instagram.com/i_shoppedhere

Penulis:

Hanya seseorang dalam rangkaian kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s