Posted in anime, review

Zenkyou No Terror

large

Well, Zankyou No Terror menjadi salah satu anime favorite psikologi yang saya sukai saat ini setelah sebelumnya Dead Note dan Kino no Tabi. Anime ini mengingatkan saya ketika semasa kuliah di awal semester. Mungkin hal ini yang membuat saya berkesan. Jadi, ketika kuliah dulu, saya pernah belajar teater, di sini saya pernah berperan menjadi salah satu tokoh dalam cerita Oidipus Sang Raja. Oidipus Sang Raja adalah legenda Yunani yang mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang membunuh ayahnya sendiri dan ternyata mencintai ibunya kandungnya. Makanya sampai sekarang kalau ada laki-laki yang menyukai perempuan lebih tua seperti contohnya dulu Raffi Ahmad suka dengan Yuni Shara *oops ini bisa disebut dengan gejala penyakit Oidipus Complex.

Balik lagi bercerita ke Zankyou No Terror, karena anime ini sangat berkaitan dengan Oidipus makanya sebelum nonton anime ini ada baiknya kita tau tentang Oidipus ini. Jadi, ayahnya Oidipus ceritanya diramal oleh Dewa, katanya ayah Oidipus ini suatu hari saat Oidipus sudah besar bakal dibunuh oleh Oidipus. Karena takut bakal dibunuh, si ayah akhirnya memasung dan meninggalkan Oidipus di hutan dengan tujuan agar Oidipus ini mati. Namun ternyata, si Oidipus ini diselamatkan oleh raja tetangga sebelah hingga ia pun tumbuh dewasa. Setelah dewasa, si Oidipus ini pengen nyari jati diri sebenarnya, dia pengen tau siapa keluarga aslinya dia. Pergilah si Oidipus berkelana ke Thebes negeri asalnya. Ketika berkelana, dia bertemu dengan seorang raja di jalan. Si raja ini menyuruh si Oidipus untuk minggir, tapi Oidipus gak mau. Berantemlah mereka hingga akhirnya sang raja pun terbunuh. Oidipus menang. Di tengah-tengah perjalanan menuju Thebes, si Oidipus bertemu Sphinx, Sphinx ini memberi teka-teki yaitu “Apa yang berjalan dengan empat kaki di pagi, dua kaki di siang dan tiga kaki di sore hari?”. Oidipus menjawab, “Manusia; saat kecil, manusia berjalan dengan kaki dan tangannya, saat dewasa berjalan dengan dua kakinya dan saat tua berjalan dengan tongkatnya.” Nah, pertanyaan ini juga muncul di Zankyou No Terror. Singkat cerita si Oidipus berhasil menguasai Thebes dan menikahi seorang wanita cantik, sampai akhirnya muncul wabah meneror negeri. Selidik punya selidik ternyata wabah ini disebabkan oleh kutukan Dewa. Kenapa ya? Wah, ternyata si Oidipus ini baru mengetahui bahwa perempuan yang dia nikahi selama ini adalah ibunya dan raja yang pernah dia bunuh di perjalanan menuju Thebes adalah ayahnya. Si Oidipus dan ibunya pasti kaget dong mengetahui kebenaran ini.Akhirnya ibunya Oidipus bunuh diri sedangkan si Oidipus mencolok matanya dan menjadi buta deh.

Nah, itu cerita tentang Oidipus. Terus apa hubungannya dengan Zankyou No Terror? Banyak banget! Zankyou No Terror ini adalah anime yang berkaitan dengan teka-teki. Teka-tekinya itu sangat berhubungan erat dengan Oidipus. Jadi, sedikit spoiler ya, ada 2 anak laki-laki jenius, tapi kerjaan mereka buat teror bom di negara Jepang. Nah, sebelum mereka meledakkan suatu bom di salah satu tempat, mereka akan mengunggah video di Yutub dengan memakai topeng sebagai clue tempat dimana bom itu berada. Nah, tugas detektif dan polisi lah yang memecahkan teka-teki itu. Jahat ya mereka mencoba menghancurkan Jepang? Gak juga, mereka memiliki alasan tersendiri kenapa melakukan hal itu. Apa itu alasannya? Makanya tonton animenya ya :p

Siapa aja sih chara yang ada di anime Zankyou No Terror? Anime ini memiliki dua tokoh sentral yaitu Nine dan Twelve. Kok nama charanya kaya nama angka? Nah, ada ceritanya kenapa mereka memiliki nama seperti itu. Nine dan Twelve inilah sebagai anak cowo jenius yang meneror bom di Jepang. Terus ada siapa lagi? ada satu chara cewe bernama Mishima Lisa. Dia ini adalah salah satu pendukung aksi si Nine dan Twelve. Setelah Lisa, ada juga detektif bernama Kenjirou. Kenjirou inilah yang mencoba untuk memecahkan teka-teki si Nine dan Twelve.

Pokoknya dari segi cerita anime ini seru karena mengajak kita berpikir untuk menjawab teka-teki yang diajukan si Nine dan Twelve. Anime ini juga mengajarkan kita supaya fokus pada tujuan meskipun ada sedikit dendam untuk mencapai tujuan tersebut, tapi percayalah ini bukan anime sadis yang banyak gore-gorenya. Meskipun bom dimana-mana tapi pengemasan ceritanya gak menakutkan. Satu hal yang paling berkesan di anime ini adalah endingnya. Uh, kalau saya sih menganggap twistnya dapet banget di akhir cerita. Penasaran? makanya tonton Zankyou No Terror dijamin gak ngebosenin dan gak nyesel deh nontonnya.😀

Penulis:

Hanya seseorang dalam rangkaian kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s